
KALANGKABUT SI USTADZAH TADI BISA DIMINIMALKAN BILA TUGAS NULIS HURUF HIJAIYYAH DENGAN PETUNJUK SEBAGAI BERIKUT:
1. DIBERI CONTOH CARA MENULIS DENGAN BAIK DAN BENAR. VIDEO SISTEM BACA TULIS ALQUR'AN METODE ALJABARI BISA JADI RUJUKAN. DISITU DIBERIKAN CARA MENULIS per-HURUF HIJAIYYAH. SEBAB masih ada keterbatasan BILA SI GURU YANG MENCONTOHKAN, yaitu PANDANGAN SANTRI SEDIKIT TERHALANGI BADAN SI GURU SAAT SI GURU MENULIS.
2. PARA SANTRI MENGGUNAKAN PENSIL DAN BUKU KOTAK-KOTAK
3. GURU MEMBERIKAN CONTOH, ARAHAN DAN PETUNJUK TULISAN SEPERTI GAMBAR DI ATAS. MISALNYA; PARA SANTRI HENDAKNYA MENCONTOH TULISAN DI ATAS dengan"SENYONTOH-NYONTOHNYA"
maksudnya : dengan memperhatikan letak setiap huruf pada kotak, atas maupun bawah termasuk juga lengkungan huruf, tidak lupa juga letak dan jumlah titik huruf.
Selain itu tak kalah pentingnya, bila para santri diarahkan tidak hanya pada nama dan urutan huruf hijaiyyah saja tapi pada pengenalan huruf-huruf penyusun FAWATIHUS-SUWAR adalah yang lebih utama sebab rahasianya sungguh sangat luar biasa; jangan kita, Rosululloh Shollallohu 'Alaihi wa Sallam saja tidak mengetahui rahasia dari setiap fawatihus-suwar di 29 surat dalam Al-Qur'an. Misalnya saat ditanya apa arti atau maksud dari "Alif-Laaaaaamm-Miiiiiim" Rosululloh hanya menjawab; Allohu a'lamu bimurodihi "Hanya Alloh lebih mengetahui maksudnya".
Bila huruf hijaiyyah itu ditulis dengan harokatnya (baik fathah-kasroh atau dlummah) maka bisa diberikan pelajaran (arahan) pada para santri agar lebih berkonsentrasi pada huruf-huruf isti'laa' yaitu: KHO-SHO-DLO-THO-DHO-GHO-QO ples RO (tafkhim).
No comments:
Post a Comment